SILABUS
Mata Pelajaran : ilmu pengetahuan
sosial
Kelas/Semester : V /I
Satuan pendidikan :
SDN 1
STANDAR KOMPETENSI : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh
sejarah yang berskala nasionnal pada massa Hindu-Budha dan Islam, Keragaman
kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ MEDIA BELAJAR
|
||
|
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
|
1.1
mengenal makna peninggalan-peninggalan yang berskala nsasional dari masa
hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
1.1.1.
menyebutkan peninggalan-peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di
Indonesia
1.1.2.membandingkan
peninggalan-peninggalan sejarah dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
Kerajaan
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
· Dengan berdiskusi siswa
menyusun daftar peninggalan bersejarah pada masa hindu, dan budha di
indonesia.(group investigation)
· Dengan cara berkelompok
siwa bekerjasama mencocokan gambar-gambar peninggalan sejarah pada masa
hindu,dan budha dengan keterangan yang
cocok dengan kenampakan gambar.(picture and picture)
|
Tes,
non tes
|
Esay,
tugas
|
1. Sebutkan
masing-masing 2 peninggalan Hindu-Budha dan Islam
|
6 x 35 menit
(3xpertemuan)
|
1. Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
2. Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
3. gambar
4. White board
5. Spidol
|
|
1.2
menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
1.2.1
menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.2.2
menyebutkan peran dari tokoh-tokoh yang di sebutkan pada masa Hindu-Budha dan
Islam
|
Kerajaan
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
· Siswa berdiskusi dengan
kelompoknya masing-masing yang sudah dibuat sebelumnya tentang tokoh-tokoh sejarah kerajaan
hindu,budha dan islam di indonnesia.
· Masing-masing Siswa
berpencar ke kelompok yang lain dan menyisakan satu anggota saja dari klompok
buat menerima tamu dan saling bertukar informasi mengenai tokoh kerajan
hindu,budha dan islam di Indonesia (bertamu)
|
TES
NON TES
|
Esay,
table pengamatan
|
1. Sebutkan
nama-nama tokoh sejarah Islam !
|
6x35
menit(3xpertemuan)
|
1. Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
2. Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
3. White board
4. Spidol
|
|
1.3
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu
di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
1.3.1
Menjelaskan pengertian kenampakan alam
1.3.2
Memberi contoh kenampakan alam
1.3.3
mengetahui manfaat kenampakan alam
1.3.4
menjelaskan pengertian kenampakan alam buatan
1.3.5
menyebutkan contoh kenampakan alam buatan
1.3.6
mengetahui manfaatb kenampakan alam buatan
1.3.7
membedakan kenampakan alam dan buatan
1.3.8
Menjelaskan pembagian wilayah waktu di Indonesia
1.3.9
menyebutkan daerah waktu ( WIB, WITA
Dan WIT )
|
Kenampakan
alam dan buatan di Indonesia
|
· .Guru Memberikan
Pengantar Awal Sebelum Masuk Ke Materi Pelajaran
· Dengan metode talking
stik guru melaksanakan pembelajaran
· Dengan metode jigsaw guru
menyampaikan materi pembagian wilayah di Indonesia
|
Tes
dan non tes
|
Tes
= soal esay
Non
tes = table pengamatan
|
1. Apa yang dimaksud dengan hutan tropis dan apa manfaatnya?
|
4
x 35 menit ( 2 x pertemuan )
|
1. Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
2. Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
3. White board
4. Spidol
Stik/tongkat
|
|
1.4
menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
1.4.1
menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.4.2
memberi contoh keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.4.3
menerima/mengakui nilai-nilai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.4.4
menunjukan sikap menghargai keragaman di lingkungan sekolah
|
Keragaman
suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
· .Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
· Guru
menyajikan?menyampaikan materi
· Memberikan siswa untuk
Tanya jawab
· Melaksanakan metode
COURSE REVIEW HORAY
|
TES,
dan non tes
|
Soal
pilihan ganda
Table
pengamatan keaktifan siswa
|
1. Berikut ini yang termasuk ciri fisik suatu suku bangsa,
adalah ... .
a. warna kulit
c. bahasa daerah
b. pakaian
d. tarian adat
|
6x
35 menit (2 x pertemuan )
|
6. Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
7. Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
8. gambar
9. White board
10. Spidol
|
|
1.5
mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.5.1
memberikan definisi usaha dan kegiatan ekonomi
1.5.2
memberikan contoh jenis-jenis usaha di lingkungan sekitar dan di Indonesia
1.5.3
menganalisis hubungan antara usaha dan kegiatan ekonomi
1.5.4
menyimpulkan hubungan antara usaha dan kegiatan ekonomi
|
Kegiatan
ekonomi
|
· Guru menyampaikan materi
pokok pada siswa
· Menyuruh siswa berdir di
depan kelas dan berpasangan
· Seorang siswa diberi
kartu ukuran 10x10 cm yang lainnya beri kartu yang ukurannya 5x2 cm yang
isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau di
selipkan ditelinga ( TEBAK KATA)
· Jelaskan materi pelajaran
sesuai TPK(TAKE AND GIVE)
|
tes
|
Soal
uraian
|
4. Sebutkan lima bentuk kegiatan ekonomi yang terdapat di sekitar
tempat tinggal kalian!
|
6
x 35 menit
(3
x pertemuan)
|
11. Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
12. Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
13. gambar
14. White board
15. Spidol
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar