Senin, 06 Januari 2014

silabus IPS



SILABUS
Mata Pelajaran             : ilmu pengetahuan sosial
Kelas/Semester             : V /I
Satuan pendidikan       : SDN 1 
STANDAR KOMPETENSI   : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasionnal pada massa Hindu-Budha dan Islam, Keragaman kenampakan alam dan  suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ MEDIA BELAJAR
TEKNIK
BENTUK INSTRUMEN
CONTOH INSTRUMEN
1.1 mengenal makna peninggalan-peninggalan yang berskala nsasional dari masa hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.1.1. menyebutkan peninggalan-peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.1.2.membandingkan peninggalan-peninggalan sejarah dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Kerajaan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
·    Dengan berdiskusi siswa menyusun daftar peninggalan bersejarah pada masa hindu, dan budha di indonesia.(group investigation)
·    Dengan cara berkelompok siwa bekerjasama mencocokan gambar-gambar peninggalan sejarah pada masa hindu,dan  budha dengan keterangan yang cocok dengan kenampakan gambar.(picture and picture)
Tes, non tes
Esay, tugas
1.      Sebutkan masing-masing 2 peninggalan  Hindu-Budha dan Islam
6 x 35 menit
(3xpertemuan)
1.      Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
2.      Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
3.      gambar
4.      White board
5.      Spidol

1.2 menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.2.1 menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.2.2 menyebutkan peran dari tokoh-tokoh yang di sebutkan pada masa Hindu-Budha dan Islam
Kerajaan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
·   Siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing yang sudah dibuat sebelumnya  tentang tokoh-tokoh sejarah kerajaan hindu,budha dan islam di indonnesia.
·   Masing-masing Siswa berpencar ke kelompok yang lain dan menyisakan satu anggota saja dari klompok buat menerima tamu dan saling bertukar informasi mengenai tokoh kerajan hindu,budha dan islam di Indonesia (bertamu)
TES NON TES
Esay, table pengamatan
1.      Sebutkan nama-nama tokoh sejarah  Islam !
6x35 menit(3xpertemuan)
1.      Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
2.      Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
3.      White board
4.      Spidol

1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
1.3.1 Menjelaskan pengertian kenampakan alam
1.3.2 Memberi contoh kenampakan alam
1.3.3 mengetahui manfaat kenampakan alam
1.3.4 menjelaskan pengertian kenampakan alam buatan
1.3.5 menyebutkan contoh kenampakan alam buatan
1.3.6 mengetahui manfaatb kenampakan alam buatan
1.3.7 membedakan kenampakan alam dan buatan
1.3.8 Menjelaskan pembagian wilayah waktu di Indonesia
1.3.9 menyebutkan daerah waktu (  WIB, WITA Dan WIT )
Kenampakan alam dan buatan di Indonesia
·   .Guru Memberikan Pengantar Awal Sebelum Masuk Ke Materi Pelajaran
·   Dengan metode talking stik guru melaksanakan pembelajaran
·   Dengan metode jigsaw guru menyampaikan materi pembagian wilayah di Indonesia
Tes dan non tes
Tes = soal esay
Non tes = table pengamatan
1. Apa yang dimaksud dengan hutan tropis dan apa manfaatnya?

4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )
1.      Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
2.      Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
3.      White board
4.      Spidol
Stik/tongkat
1.4 menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.4.1 menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.4.2 memberi contoh keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.4.3 menerima/mengakui nilai-nilai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.4.4 menunjukan sikap menghargai keragaman di lingkungan sekolah
Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
·   .Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·   Guru menyajikan?menyampaikan materi
·   Memberikan siswa untuk Tanya jawab
·   Melaksanakan metode COURSE REVIEW HORAY
TES, dan non tes
Soal pilihan ganda
Table pengamatan keaktifan siswa
1. Berikut ini yang termasuk ciri fisik suatu suku bangsa, adalah ... .
a. warna kulit
 c. bahasa daerah
b. pakaian
 d. tarian adat
6x 35 menit (2 x pertemuan )
6.      Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
7.      Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
8.      gambar
9.      White board
10.  Spidol

1.5 mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
1.5.1 memberikan definisi usaha dan kegiatan ekonomi
1.5.2 memberikan contoh jenis-jenis usaha di lingkungan sekitar dan di Indonesia
1.5.3 menganalisis hubungan antara usaha dan kegiatan ekonomi
1.5.4 menyimpulkan hubungan antara usaha dan kegiatan ekonomi
Kegiatan ekonomi
·   Guru menyampaikan materi pokok pada siswa
·   Menyuruh siswa berdir di depan kelas dan berpasangan
·   Seorang siswa diberi kartu ukuran 10x10 cm yang lainnya beri kartu yang ukurannya 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau di selipkan ditelinga ( TEBAK KATA)
·   Jelaskan materi pelajaran sesuai TPK(TAKE AND GIVE)
tes
Soal uraian
4. Sebutkan lima bentuk kegiatan ekonomi yang terdapat di sekitar
tempat tinggal kalian!
6 x 35 menit
(3 x pertemuan)
11.  Buku IPS SD/MI oleh Endang Sulistianingsih
12.  Buku IPS SD?MI oleh Siti S dkk,
13.  gambar
14.  White board
15.  Spidol















Tidak ada komentar:

Posting Komentar