Jika kita simak
istilah strategi berasal dari bahasa yunani yaitu strategos yang
artinya suatu usaha untuk mencapai kemenangan dalam suatu peperangan awalnya
digunakan dalam lingkungan militer namun isilah strategi digunakan dalam
berbagai bidang yang memiliki esensi yang relatif sama termasuk diadopsi dalam
konteks pembelajaran yang dikenal dengan istilah strategi pembelajaran
Secara umum
strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak
dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar
mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegitan guru anak
didik dalam perwujudan kegitan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang
telah digariskan. Atau bisa dikatakan strategi belajar mengajar merupakan suatu
serangkaian rencana kegiatan yang termasuk dalamnya penggunaan metode dan
pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Agar
Anda memperoleh pemahaman yang medalam tentang makna dan hakikat strategi
pembelajaran cermatilah pengertian strategi pembelajaran ( SBM ) sebagai berikut :
Adapun beberapa pengertian strategi
belajar mengajar menurut para ahli adalah sebagai berikut :
a)
Hamzah B.
Uno ( 2008:45)
Strategi pembelajaran adalah merupakan hal yang perlu
diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.
b)
Dick dan
Carey (2005:7)
Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari
suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi
peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan
selanjutnya.
c)
Suparman
(1997:157)
Strategi pembelajaran adalah merupakan perpaduan dari
urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik,
peralatan dan bahan,dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajran untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
d)
Gerlach dan
Ely (1990)
Strategi pembelajaran adalah merupakan cara-cara yang
dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran
tertentu.
e)
Kemp (1995)
Stategi pembelajaran adalah suatu
kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
f)
Hilda Taba
Strategi pembelajaran adalah pola
atau urutan tongkah laku guru untuk menampung semua variabel-variabel
pembelajaran secara sadar dan sistematis.
g)
Moedjiono
(1993)
Strategi Pembelajaran adalah
kegiatan guru untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara
aspek-aspek dari komponen pembentuk sistem pembelajaran, dimana untuk itu guru
menggunakan siasat tertentu
h)
J.R David
(1976) Strategi Pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian
kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
Ada empat strategi dasar dalam belajar mengajar yang
meliputi hal-hal berikut :
1.
Menidentifikasi
serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan
kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2.
Memilih
sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasidan pandangan hidup
masyarakat.
3.
Memilih dan
menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling
tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan
mengajar.
4.
norma-norma
Menetapkan dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar
keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan
evaluasi hasil kegitan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan
balikbuat penyempurnaan yang bersangkutan secara keseluruhan.[1]
Telah kita ketahui bahwa pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang
wajib kita lakukan dan kita berikan kepada peserta didik. Karena merupakan
kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi
bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan
berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka
menerapkan strategi yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan.
Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenakngkan dan tidak
membosankan Setiap strategi pembelajaran (SBM) memiliki ranah
pembelajaran tersebut ada 3, yaitu: Ranah kognitif atau ranah perubahan
pengetahuan; Ranah afektif atau rana perubahan sikap-perilaku ; dan Ranah
psikomotorik atau ranah perubahan/peningkatan keterampilan.
Oleh karena itu SBM merupakan komponen terpenting dalam sistem pembelajaran
yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengajar untuk
memberi pemahaman peserta didik agar tujuan pembelajaran itu bisa tercapai.
1.
Strategi Pembelajaran
Telah kita ketahuai dalam definisi-definisi strategi pembelajaran (SBM) dapat
di simpulkan bahwa strategi pembelajaran yaitu perencanaan yang berisi tentang
rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
Adapun beberapa strategi pembelajaran :
Menurut Sanjaya (2007 : 177 – 286)
ada beberapa strategi pembelajaran yang harus dilakukan
oleh seorang guru :
5) Strategi
pembelajaran kooferatif
6) Strategi
pembelajaran kontekstual CTL
7) Strategi
pembelajaran heuristik
2.
Pendekatan pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran ialah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian.
Dengan demikian dapat di kemukakan bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara
memandang terhadap pembelajaran , serta cara kerja untuk memudahkan pelaksanaan
proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu dalam mencapai tujuan
yang telah ditetapkan. Dalam pembelajaran di kemukakan adanya dua pendekatan
utama yaitu pendekatan yang berpusat pada aktivitas guru ( teacher centered )
dan pendekatan yang berpusat pada aktivitas siswa ( students centered )
3.
Metode Pembelajaran
Metode secara etimologis, metode berasal dari kata “ met” dan “ hodes”
yang bearti melalui. Sedangkan istilah metode adalah jalan atau cara yang harus
ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Artinya Metode pembelajaran disini yaitu
cara bagaimana seorang guru agar mampu menjalankan tugasnya dengan menguasai
metode-metode pembelajaran.
(1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi;
(4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8)
debat, (9) simposium (10) Sosiodrama ,(11) latihan. (12)proyek (13) karya
wisata (14) tanya jawab, (15) eksperimen
4.
Model Pembelajaran
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar
dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Joyce and Weil
berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat
digunakan untuk membentuk kurikulum, merancang bahan-bahan pembelajaran, dan
membimbing pembelajaran di kelas.
Adapun model-model pembelajaran
diantaranya yaitu :
1) examples non examples
2) picture an picture
3) numbered heads together
4) cooperative script
5) kepala bernomor struktur
6) STAD
7) Jigsaw
8) Artikulasi
9) Role playing
10) debate
dll
5. Tehnik Pembelajaran
Teknik
Pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu
metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan
jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya
secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang
jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi,
perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif
dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat
berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar